Metodologi Ayat-ayat Hukum dalam Tafsir Al-Munir

Capture

Judul : Metodologi Ayat-ayat Hukum dalam Tafsir Al-Munir
No. ISBN : 978-602-281-092-6
Penulis : Dr. Zamakhsyari Abdul Majid, MA.
Tahun terbit : November 2014
Dimensi : XVI + 216 hlm; 15 x 23 cm
Jenis Cover : Soft Cover
Kategori : TAFSIR, ISLAM
Harga : Rp. 47,500
Stok : Order by SMS >> 085773518074 : Nama, Alamat, Judul, Jumlah pesanan

Salah satu karya Wahbah al-Zuhaili yang tergolong populer di masyarakat adalah kitab Tafsir al-Munir. Kitab ini mengupas tentang tafsir ayat-ayat al-Quran dari sisi al-I’rab, al-Bayan, al-Mufradat, al-Lughawiyah, al-Munasabah, Asabab al-Nuzul, al-Tafsir wa al-Bayan secara berurutan, dan ditutup dengan fiqhu al-Hayat wa al-Ahkam.

Penafsiran yang digunakan Wahbah al-Zuhaili dalam Tafsir al-Munir-nya ini, juga bercorak hukum (tafsir fiqh). Hal ini, terjadi karena fikih merupakan basis intelektualnya. Oleh karena itu, tak heran jika dalam Tafsirnya ini, banyak dijumpai diskusi fikih menyangkut berbagai hal yang dilengkapi dengan argumentasi dan perbedaan-perbedaan para ulama fikih. Dalam menyikapi perbedaan penafsiran dan perbedaan pendapat, al-Zuhaili kemudian melakukan perbandingan (muqaranah) penafsiran tentang suatu hukum yang terkandung dalam ayat, dan al-Zuhaili juga tidak jarang mengambil sikap yang berbeda dengan pendapat para mufassir lain sebelumnya.

Di dalam buku ini ada dua fokus yang menjadi objek penelitian. Yakni, pertama, faktor yang mempengaruhi Wahbah al-Zuhaili dalam menafsirkan ayat-ayat hukum, meliputi; perjalanan akademisnya, karya-karyanya, serta kondisi sosial politik yang mempengaruhi pemikirannya. Faktor kedua, dan ini merupakan tema pokok yang menjadi pusat pembahasan dalam buku ini, yaitu tentang bagaimana metodologi perbandingan Wahbah al-Zuhaili dalam menafsirkan ayat-ayat hukum. Hal ini meliputi teori penafsiran, metodologi penafsiran, pendekatan dan sistematika penafsirannya.

Chat dengan kami