Ngelmu Sejati

cov ngelmu sejati (barcode pg oke)

Judul : Ngelmu Sejati
No. ISBN : 978-602-7770-65-2
Penyusun : R. Bima Adi
Tahun terbit : 2013
Dimensi : xvi + 257 hlm; 14 x 21 cm
Jenis Cover : Soft Cover
Kategori : Theologi Kristen
Harga : Rp 40.000 + ongkir dari Depok
Stok : Order by SMS >> 085773518074 : Nama, Alamat, Judul, Jumlah pesanan

Teologi kontekstual dalam konteks Jawa kena-mengena dengan bagaimana kita menilai dan memaknai     ngèlmu, seperti yang pernah dilakukan Sadrach pada masa lalu, sebagai sesuatu yang peculiar, yang istimewa di Jawa dan oleh karena itu harus diperhitungkan sebagai sesuatu yang mempunyai signifikansi bagi GKJ dalam usaha-usahanya untuk berteologi secara kontekstual.

Yang menjadi masalah adalah, pada satu sisi, Sutarman S. Partonadi menyimpulkan bahwa pencapaian Sadrach, merupakan sebuah contoh awal dari kontekstualisasi asli mengenai kekristenan Jawa dan karenanya relevan bagi gereja-gereja Kristen Jawa. Pada sisi lain, Th. Sumartana menunjukkan bahwa Sadrach tidak mampu memainkan peranan penting dalam sejarah kekristenan di Jawa. Sadrach dan komunitasnya mengalami kesulitan dalam menghadapi tantangan perubahan sosio-religius yang muncul pada awal abad 20.

Pada satu sisi, untuk mengekspresikan imannya secara khas Jawa, GKJ membutuhkan teologi yang memberi tempat bagi ngèlmu, dan dalam hal ini, ada acuan kepada teologi ngèlmu sejati Sadrach. Pada sisi lain, jika pada awal abad 20, Sadrach dianggap tidak mampu memainkan peranan penting dalam sejarah kekristenan Jawa, bagaimana GKJ harus menghadapi tantangan abad 21?

Chat dengan kami