Strategi Pembelajaran Menulis Kreatif Puisi

 

 

 

Judul : Strategi Pembelajaran Menulis…
No. ISBN : 978-602-7770-25-6
Penulis : Awaluddin Syaddad
Tahun terbit : 2012
Dimensi : x + 100 hlm; 14 x 21 cm
Jenis Cover : Soft Cover
Kategori : Pendidikan
Harga : RP 25,000 + ongkir
Stok : POD | (Order by SMS >> 085773518074 : Nama, Alamat, Judul, Jumlah pesanan)

Menulis kreatif puisi merupakan salah satu kompetensi dasar dalam pembelajaran sastra di sekolah menengah pertama. Namun, pembelajaran menulis kreatif masih mengalami kendala yang sama dengan pembelajaran sastra pada umumnya.  Ketidaktepatan menggunakan strategi pembelajaran menulis kreatif puisi menjadi salah satu penyebabnya.

Strategi yang digunakan dalam pembelajaran menulis kreatif puisi masih bersifat tradisional. Umumnya guru menyampaikan materi pembelajaran dengan ceramah mulai dari kegiatan awal hingga kegiatan akhir pembelajaran. Akibatnya siswa menjadi pasif mengikuti pembelajaran menulis kreatif puisi, tidak ada umpan balik antara guru dengan siswa. Hal tersebut tentunya memunculkan kekakuan dalam pembelajaran di kelas.

Tidak hanya itu, materi pembelajaran sastra dianggap tidak dapat menumbuhkembangkan kepercayaan diri siswa dalam mengemukakan gagasan. Hal tersebut terjadi akibat tidak adanya demonstrasi karya  sastra siswa sebagai bentuk apresiasi; kurangnya media pembelajaran sastra; hilangnya motivasi siswa, munculnya sikap acuh tak acuh, dan yang lebih fatal lagi kemandirian siswa sangat minim.

Buku ini berisi strategi yang dapat digunakan guru Bahasa Indonesia dalam pembelajaran menulis kreatif puisi. Dengan menerapkan strategi tersebut dalam pembelajaran, maka pembelajaran menulis kreatif puisi tidak lagi berorientasi pada aspek kognitif, tetapi juga pembentukan sikap dan psikomotorik siswa.

Chat dengan kami