Tanya Jawab (FAQ)

1. Self Publishing Itu apa sih?

Self publishing, atau Penerbitan Mandiri, adalah proses menerbitkan buku oleh penulis, baik perorangan maupun kolektif tanpa melalui penerbit mayor (Major Publisher), dengan kata lain penulis mengambil alih peran penerbit untuk melakukan keseluruhan proses penerbitan bukunya, dari mulai menulis naskah, menyunting, desain sampul, tata letak naskah, hingga proses mencetak. Bahkan, dalam hal  menentukan harga jual buku, distribusi sampai dengan memasarkan buku.

2. Tapi saya tidak bisa melakukan itu semua, selain tidak mengerti, saya juga sibuk.

Oo, jangan khawatir, kamu bisa mengalihdayakan proses-proses tersebut, pada pihak yang sudah berpengalaman, dan bisa diandalkan seperti kepada tim Indie Publishing. Tentu saja kamu harus membayar sejumlah uang untuk jasa tersebut.

3. Oia, Penerbit Mayor itu apa sih?

Penerbit Mayor/Major/Majority adalah istilah yang digunakan untuk Penerbit yang sudah banyak di kenal. (Penerbit pada umumnya) Contoh Gramedia, Mizan, Bentang, LPPH, dll. Ciri-ciri penerbit Mayor adalah, biasanya skala bisnis mereka sudah besar, punya jaringan distribusi dan penjualan. Orientasi bisnisnya lebih dominan.

4. Terus kenapa enggak menerbitkan di penerbit mayor saja?

Oo, silakan, kenapa tidak? Tidak ada yang melarang 😀 Tapi mari perhatikan beberapa hal ini: Karena orientasi bisnis yang dominan pada penerbit mayor, maka proses seleksi naskah yang akan diterbitkan pun menjadi sangat ketat, karena pertimbangan utamanya adalah nilai jual. So, kalau kamu mau menerbitkan buku di penerbit mayor kamu harus siap dengan semua kompetisi tersebut. Itu artinya, naskah kamu harus bernilai jual, harus bagus, harus menarik, dan keharusan-keharusan lainnya agar si penerbit jatuh hati sama naskah kamu. Persaingan itu bisa juga diartikan: Proses seleksi yang lama (minimal biasanya 3 bulan), kemungkinan ditolak, kemungkinan tidak ada kabar, dll.

5. Apa itu Print On Demand?

Print On demand adalah sistem pencetakan buku sesuai pesanan. Jadi buku yang diterbitkan di Indie Publishing hanya dicetak ketika ada pembelian saja, kami tidak menyimpan stok buku.

6. Tapi buku yang diterbitkan di Indie Publishing, berbentuk paper book, kan?

Yup! Bentuknya benar-benar buku (paper book), seperti buku yang ada di toko-toko buku pada umumnya. Bukan ebook.

7. Apakah buku yang diterbitkan di Indie Publishing mendapatkan nomor ISBN dan Barcode?

Pasti! Semua paket layanan penerbitan yang kami tawarkan, akan mendapatkan nomor ISBN dan barcode seperti buku pada umumnya.

8. Naskah jenis apa saja yang bisa diterbitkan oleh Indie Publishing?

Semua jenis naskah bisa diterbitkan di Indie Publishing; Anda bisa menentukan naskah apa yang akan anda terbitkan bersama kami sesuai minat anda. Dengan catatan, naskah tersebut bebas dari hal-hal yang bertentangan dengan moral. Misalnya, kami tidak menerima naskah yang berisi konten SARA dan pornografi.

9. Kalau saya mengambil salah satu paket penerbitan di Indie Publishing, apakah buku saya akan di jual di toko buku?

TIDAK. Semua buku yang terbit menggunakan salah satu paket penerbitan hanya akan dijual secara online, direct selling, dan cara2 offline lainnya sesuai kebutuhan. Tapi tidak dijual di toko buku modern seperti Gramedia, Gunung Agung, Tisera, dll.

10. Tapi saya mau buku saya bisa dijual di toko buku modern, bagaimana caranya?

  1. Anda harus mencetak buku anda sebanyak minimal 500 eksemplar, biaya cetak ditanggung oleh penulis.
  2. Kami akan membantu distribusi buku tersebut ke toko buku modern di seluruh indonesia. Indie Publishing bekerja sama dengann distributor buku berskala nasional untuk pendistribusian buku.
  3. Luas jangkauan penyebaran buku di toko buku, dipengaruhi seberapa banyak oplah buku yang dicetak. (Contoh 500 eks hanya akan didistribusikan di wilayah JABODETABEK, 1000 eks akan didistribusikan di seluruh pulau Jawa, dan begitu seterusnya)
  4. Harga jual buku di toko buku ditentukan oleh penulis. Penulis dikenakan biaya distribusi sebesar 55% dari harga jual. Biaya ini ditentukan oleh distributor, bukan oleh Indie Publishing. Biaya tersebut dibayarkan dengan sistem konsinyasi. Dan akan langsung dipotong oleh distributor berdasarkan buku yang terjual.
  5. Penulis akan mendapatkan hasil penjualan buku sebesar 40% dari harga jual. Penulis dikenakan biaya perawatan penjualan sebesar 5% dari harga jual. Biaya ini ditentukan oleh Indie Publishing

# CONTOH PERHITUNGAN BIAYA DISTRIBUSI:

Jika modal 1 eks buku sebesar Rp.10,000, dan anda menentukan harga jual sebesar Rp 40,000 maka biaya distribusinya adalah sebesar (55%) Rp 22,000, fee penerbit sebesar (5%) Rp 2000. Hak penulis sebesar (40%) Rp 16,000. Maka keuntungan yang diperoleh penulis setelah dikurangi modal adalah sebesar Rp, 6000/ eks.

# HUBUNGAN KERJA DAN LAPORAN PENJUALAN

Jika buku anda dijual di toko buku, maka kami akan menguruskan semua administrasi dengan distributor, memberikan laporan penjualan setiap bulan kepada penulis, memberikan laporan stock buku, dll.

# RETUR BUKU

Indie Publishing tidak menjamin bahwa buku yang dijual di toko buku akan laku. Dalam waktu 1 tahun proses distribusi, berapa pun jumlah buku yang terjual, maka sisanya akan dikembalikan kepada penulis dengan dikenakana biaya retur.

11. Jika saya mengambil salah satu layanan yang terdapat di halaman “Paket Penerbitan”, buku saya akan dicetak berapa eksemplar?

Buku Anda akan dicetak sebanyak jatah yang terdapat pada masing-masing paket, dan itu menjadi jatah Anda sebagai bukti terbit.

12. Kalau saya mau mendapatkan lebih dari jatah paket, gimana caranya?

Anda harus langsung memesan kepada kami, agar bisa mendapatkan lebih, tentu setelah membayar biaya sesuai harga yang disepakati.

13. Berapa biaya tambahannya?

  1. Sebesar harga jual yang sudah disepakati sebelumnya
  2. Dengan harga diskon khusus jika anda langsung memesan dalam jumlah banyak, minimal 20 eksempla

14. Apakah Indie Publishing membantu mempromosikan buku saya?

Tentu, kami akan membantu mempromosikan buku anda sesuai paket-paket yang anda pilih. Intensitas promosi dipengaruhi paket apa yang anda ambil. Tapi, penulis harus lebih berperan aktif dalam rangka mempromosikan bukunya sendiri.

15. Berapa lama naskah akan diproses sampai terbit?

Proses penerbitan buku memerlukan waktu kurang lebih 30 HARI KERJA. Biasanya proses yang paling lama ada editing. Karena proses tersebut memerlukan ketelitian yang luar biasa.

16. Apakah penulis boleh mempromosikan bukunya di website/blog/twitter/facebook milik pribadi?

Sangat boleh. Bahkan dianjurkan

17. Berapa Royalti yang diterima penulis?

Royalti yang diterima oleh penulis adalah 10% dari harga jual buku.

Masih ada pertanyaan yang belum anda mengerti? Silakan ajukan pertanyaan anda dengan menulis di FB comment box di bawah ini. Kami akan segera meresponnya untuk anda 🙂

 

Chat dengan kami